Rabu, 13 Oktober 2010

Stupid Birocrazy (Part I)

Saya paling males kalo berurusan sama birokrasi. Tau sendiri kan birokrasi di Indonesia tuh ribetnya ngalah-ngalahin pasar mo pindahan. Saya tipe orang yang mending bayar lebih tapi tau beres daripada ribet ngurus-ngurusin kemana-mana. Perpanjang KTP, bikin kartu kuning, perbarui KK, bikin SKCK, birokrasi macam itu selalu sukses bikin saya migren kalo pas saya kebagian harus menjalaninya. Makanya saya paling ilfil kalo disuruh ikut CPNS. Ngurusin dokumen ma pendaftarannya aja udah berasa tua di jalan, belum lagi kemungkinan lolosnya cuma 2, kalo gag bayar, mesti punya otak mendekati jenius. Berhubung saya gag termasuk dua-duanya, jadi kemungkinan saya bisa menjadi seorang PNS sudah gag perlu diharapkan lagi.
Sekarang ini malah apes-apesnya saya harus berurusan sama yang namanya setan birokrasi yang satu ini. Apalagi kalo bukan buat ngurusin surat ijin buat nikah. Mana KTP saya pas banget kebetulan abis, lagi. Jadi dobel kerja kan jadinya saya?? Perpanjang KTP biar bisa buat dipake ngurus surat ijin nikah. Padahal logisnya kan diperpanjang juga percuma tuh KTP, toh bentar lagi datanya dah gag valid lagi. Tapi kalo gag diperpanjang, gag bisa ngurus surat nikah.
Tapee deeeehhhh.....
Belum lagi domisili saya sekarang yang di luar kota semakin menambah rumit pengurusan birokrasi itu. Saya kerja dan tinggal di Gresik, tapi KTP Malang, jadi sudah jelas saya mesti pulang ke Malang buat ngurus segala macam perpanjangan KTP itu. Padahal saya libur cuma sehari tiap minggunya, hari Sabtu atau Minggu. Nenek-nenek bungee jumping juga tahu kalo gag mungkin ngurus birokrasi di akhir minggu, jadi paling nggak saya kudu ngurusnya pas hari kerja, dan itu lebih gag mungkin lagi karena ijin gag masuk kerja di tempat saya naudzubillah susahnya, sementara untuk ngambil cuti pengajuannya harus dari jauh-jauh hari.
Pengen jedot-jedotin kepala ke tembok gag seeehhh....
Chan-chan udah tanya-tanya ke temen-temennya tentang apa aja surat-surat yang diperluin buat ngurus surat nikah, dan kemaren ini dia ngasih laporan ke saya.
“Nih, Hun, kamu siapin punya kamu semuanya buat ngurus surat nikah, ini nih yang harus punya,” dan dia menunjukkan sejembreng check list kepada saya. Tau gag seh, itu daftar panjaaaaaang banget, detiiiiilll sekali pula.
Uhh.
Saya jadi langsung kepengen tiduran sembari pake kompres di kepala.

Tidak ada komentar: